Ribuan Anggota Komunitas Dalek Esa Beri Dukungan untuk Jeriko-Adinda

Berita-Cendana.Com- Kupang,- Komunitas Dalek Esa yang merupakan wadah warga Rote diaspora di Kota Kupang mendeklarasikan dukungan kepada calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dan Dr. Lusia Adinda Lebu Raya (Jeriko-Adinda) pada Pilkada Kota Kupang. Deklarasi ini digelar, Rabu (23/10/24) petang.


Acara ini diawali dengan penjemputan pasangan Jeriko-Adinda di Sekretariat  Bersama Pemenangan Jeriko-Adinda oleh perwakilan tokoh-tokoh Rote yang  dipimpin Benny Ndaumanu bersama 6 koordinator kecamatan Dalek Esa.


Selanjutnya dilakukan arak-arakan melintasi Jl. Kartini, Jl. Veteran, lalu masuk ke Jl. Frans Seda, Jl. Piet A. Tallo dan terakhir menuju lokasi deklarasi yang bertempat di kediaman Christ Toelle di RT 03/RW 01, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima.


Di depan gerbang lokasi deklarasi, pasangan Jeriko-Adinda disambut atraksi foti dan tarian adat Rote. Jeriko-Adinda kemudian diterima secara langsung oleh tokoh Rote, Frans Folamauk yang ditandai dengan pengalungan  selendang dan ti'ilangga serta selimut adat Rote untuk Jeriko dan Adinda. Selanjutnya, paslon nomor urut 4 ini memasuki lokasi deklarasi diiringi musik gong dan tarian serta tepuk tangan dan sorakan dari 1.000-an anggota komunitas yang hadir. 


Ketua Komunitas Dalek Esa,  Adrianus Talli dalam sambutannya menggambarkan tentang Komunitas Dalek Esa yang bermula dari beberapa tokoh yang berdiskusi tentang nasib Kota Kupang lima tahun ke depan.


Dari diskusi tersebut para tokoh membicarakan tentang lima paslon yang sedang bertarung di Pilwalkot Kupang. Hasil diskusi itu, menyimpulkan bahwa paslon yang layak melanjutkan perubahan di Kota Kupang adalah Jeriko-Adinda. "Dari diskusi itu mengerucut sehingga Dalek Esa memberikan dukungan kepada bapak Bo'i Jeriko dan Mama Bo'i Adinda," katanya.


Menurutnya, keputusan menjatuhkan dukungan kepada Jeriko-Adinda memiliki alasan, yakni sudah ada perubahan besar selama lima tahun Jeriko memimpin Kota Kupang. Selain itu, ada alasan lain, yakni istri Jeriko, Hilda Manafe yang merupakan tokoh Rote dan juga saat ini mewakili NTT di Senayan sebagai anggota DPD RI dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Rote. "Bapaknya juga merupakan mantan Ketua DPRD Provinsi NTT dan sangat dihormati di kalangan orang Rote. Maka dengan kehadiran hari ini di sini dan seterusnya hingga hari H kita pastikan Jeriko-Adinda akan terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Kupang untuk memimpin Kota Kupang lima tahun ke depan," kata Adi Talli yang juga mantan anggota DPRD Kota Kupang tiga periode ini.


Ia menambahkan, dukungan yang diberikan bukan sekadar dukungan, tapi harus terus bekerja untuk memenangkan suara rakyat dan nantinya mengawal kepemimpinan selama lima tahun ke depan. "Dalek Esa harus menjadi pemilih yang pintar. Jangan pilih karena terpaksa. Hindari politik uang, tapi pilih yang bisa membawa perubahan untuk Kota Kupang," tutupnya.


Calon Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dalam orasinya menyampaikan terima kasih untuk Komunitas Dalek Esa yang telah mendukung Jeriko-Adinda. Dengan dukungan tersebut, makin memperkuat elektabilitas Jeriko-Adinda menuju Pilkada 27 November nanti. 


"Terima kasih atas dukungan yang luar biasa ini. Dengan dukungan yang diberikan maka saya siap berjuang sungguh-sungguh untuk semua orang yang kurang mampu lima tahun ke depan. Saya tidak mau mempermalukan bapak-mama. Tanggungjawab yang telah diberikan Komunitas Dalek Esa untuk Jeriko-Adinda kami laksanakan dengan sungguh-sungguh," katanya.


Calon Wakil Walikota Kupang, Dr. Lusia Adinda Lebu Raya juga  menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Komunitas Dalek Esa. "Saya akan konsen pada kesehatan ibu dan anak, di mana-mana hal ini terus dibicarakan karena masih banyak anak-anak kita Stunting, gizi buruk. Saya berjuang untuk mereka," katanya.


Menurutnya, pasangan Jeriko-Adinda juga punya program khusus untuk kaum perempuan, program pengembangan UMKM, pendidikan dengan memberikan beasiswa dan program bedah rumah. Oleh karena itu, ia memohon doa dan dukungan agar Jeriko-Adinda menang pada 27 November mendatang.


Pada kesempatan itu, para tokoh Rote dari 51 kelurahan bersama-sama membacakan naskah deklarasi di hadapan ribuan anggota komunitas. Deklarasi itu berisi tiga poin penting, yakni:


1. Siap mendukung dan memenangkan pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan Adinda Lusia Dua Nurak.


2. Siap menggerakkan seluruh masyarakat untuk memilih pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jefri Riwu Kore dan Adinda Lebu Raya 


3. Bergotong royong bersama seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan upaya pemenangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Dua Nurak Lebu Raya.


Keluarga besar Dalek Esa terdiri dari orang Rote yang berdomisili di wilayah Kota Kupang bersama semua keluarga terkait yang memiliki ikatan kekeluargaan dengan orang Rote di Kupang. Semuanya menjatuhkan tekad yang bulat dan memantapkan hati untuk memenangkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Jefri Riwu Kore dan Adinda Lusia Dua Nurak pada 27 November 2024 nanti. (*).


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot