Pj. Walikota Kupang Pimpinan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Berita-Cendana.Com- Kupang,- Penjabat Walikota Kupang, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., bertindak sebagai Pembina Upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di lapangan Kantor Wali Kota Kupang. Upacara tersebut digelar untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI pada 30 September 1965. Demikian dilaksanakan pada Selasa, (1/10/2024).

Dalam amanatnya, Linus Lusi menegaskan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia untuk kembali mengingat dan meneguhkan komitmen terhadap nilai-nilai luhur Pancasila. Tahun ini, dengan tema “Bersama Pancasila Wujudkan Indonesia Emas”, tema tersebut menggambarkan tekad untuk menjadikan Pancasila sebagai pondasi utama dalam meraih cita-cita Indonesia maju dan sejahtera. 

"Pancasila telah terbukti menjadi falsafah hidup bangsa yang kokoh, mampu menghadapi berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Linus. 

Menurutnya, di tengah berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini, Pancasila selalu hadir sebagai kekuatan pemersatu, mengikat seluruh elemen bangsa dalam semangat kebersamaan, persatuan, dan gotong royong.

Lebih lanjut, Linus mengapresiasi para pegawai yang hadir dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila dan mengajak para ASN serta PTT untuk tidak hanya menghafal Pancasila, tetapi juga menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. "Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus tercermin dalam sikap, perilaku, dan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya. 

Melalui momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, Linus juga berharap semangat persatuan dan gotong royong akan terus ditingkatkan, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan, seperti penanganan inflasi, Stunting, dan Kemiskinan Ekstrem di Kota Kupang.

Sebelum mengakhiri sambutan, Linus mengajak semua yang hadir untuk turut berpartisipasi dalam program-program pembangunan yang berlandaskan Pancasila. Linus juga menyinggung kunjungan Presiden Republik Indonesia ke beberapa daerah di Provinsi Nusa tenggara Timur termasuk Kota Kupang yang rencananya berlangsung hari ini. 

Upacara berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan doa bersama sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam upacara ini Ketua DPRD Sementara Kota Kupang, Richard Elvis Odja, yang membacakan naskah Ikrar Kesaktian Pancasila. Turut hadir pula para Anggota DPRD Kota, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE., M.Si., para Staf Ahli Walikota, para Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, camat, lurah, serta perwakilan ASN dan PTT dari masing-masing perangkat daerah lingkungan Pemerintah Kota Kupang.(*).


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot