Jeriko-Adinda Siapkan Layanan Publik Berbasis Aplikasi


Berita-Cendana.Com- Kupang - Salah satu isu yang diangkat tim panelis dalam acara debat publik Pilkada Kota Kupang, Sabtu (19/10), yakni terkait kualitas layanan publik, khususnya bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). 


Dalam segmen II, pertanyaan kepada kelima pasangan calon diambil oleh panelis kemudian dibacakan oleh moderator. Pertanyaan pertama terkait sub tema Perbaikan Kualitas Layanan Publik. Pertanyaan ini ditujukan kepada paslon nomor 2, Jonas Salean-Alo Sukardan kemudian ditanggapi 4 paslon lainnya. 


Pertanyaannya yakni PMKS yang cukup tinggi di Kota Kupang pada tahun 2022 tercatat 189.929 orang atau meningkat dari sebelumnya 93.849 orang di tahun 2018. Walaupun Pemerintah Kota Kupang telah berupaya memberikan bantuan dalam penanganan terhadap mereka yang terkategori kelompok PMKS tetapi belum mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu apa langkah strategis yang dilakukan oleh paslon dalam menyelesaikan pokok persoalan terkait masalah PMKS yang masih cukup tinggi.


Pada kesempatan itu, Jonas Salean menjawab layanan publik tergantung pada sumber daya manusia. Di pemerintahan, sumber daya manusia sangat penting khususnya pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan harus efisien serta beri kepastian hukum. 


Oleh karena itu, tidak ada jalan lain, benahi dulu kesejahteraan aparatur di lingkungan pemkot. "Pelayanan publik terutama di rumah sakit, puskesmas, pustu, guru, bagaimana mau mendidik anak tapi kesejahteraan tidak diperhatikan," kata Jonas. 


Menanggapi itu, pasangan Jeriko-Adinda menyatakan pelayanan publik sangat penting karena harus memastikan semua masyarakat dilayani dengan baik dan cepat. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi di kelurahan maupun pemkot harus bisa memastikan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam hal pengurusan administrasi. Harus memastikan semua berjalan dengan baik. 


"Termasuk layanan transportasi yang belum baik, akan dibuat yang terbaik. Memang masih ada kelemahan-kelemahan, tapi akan diperbaiki menjadi lebih baik. Kita perlu pelayanan yang cepat dan tepat buat masyarakat kita," kata Jeriko. (*).


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot