SIAGA Tampil Sempurna di Panggung KPU NTT, Miliki Political Leadership Mumpuni


Berita-Cendana.Com- KUPANG,- Simon Petrus Kamlasi dan Adrianus Garu, tampil memukau di panggung yang disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Senin 23 September 2024 petang saat tahapan pengambilan nomor urut bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT. 


Acara yang berlangsung di kantor KPU di Jalan Polisi Militer, Kota Kupang ini dihadiri dua pasangan calon lainnya. Ada yang menarik dari momentum tersebut, yakni ketika KPU memberi waktu pada setiap pasangan untuk tampil dan memberikan sambutan untuk menjelaskan konsep dan gagasan mereka dalam memajukan NTT.



Simon Petrus Kamlasi, calon dari paket SIAGA, yang diberikan kesempatan untuk berbicara terakhir, mengundang kagum ratusan tamu undangan yang hadir. Rupanya Simon, sang jenderal bintang satu ini cerdas memanfaatkan momen itu.


Simon berhasil menyampaikan pernyataan yang mengundang antusiasme dari para pendukungnya. Ia menegaskan bahwa SIAGA memiliki keunggulan utama: komitmen pada eksekusi program. 

"Jadi, bagi kami angka tiga ini luar biasa. Kami berada di urutan terakhir sehingga bisa mengetahui kekuatan lawan,"tegas Simon. 


Ringan, disambut tepuk sorak seluruh yang hadir. Mereka tak menyangka, Simon yang selama ini dikira berwatak keras itu sangat komunikatif dan pandai berbicara. "Baik juga, terakhir dan kita bisa tau Semua konten telah dibicarakan tadi. Saya ingin menekankan bahwa apa yang baik dari Paslon 1 dan Paslon 2 adalah ide dan gagasan yang juga baik bagi saya. Namun, saya ingin menambahkan satu hal yang menjadi keunggulan SIAGA; kami adalah jago eksekusi. Ide dan gagasan itu penting, tetapi eksekusi juga lebih penting,"ungkap Simon, disambut tepuk tangan meriah dari pendukungnya.



Simon juga dengan cerdik memberikan sindiran kepada lawan-lawannya, dimana dia menyebut bahwa Paslon 1 memiliki ide, Paslon 2 memiliki gagasan, dan Paslon 3, yaitu dirinya, adalah eksekutor yang handal. Simon Petrus Kamlasi bukanlah sosok baru di dunia publik. Sebagai pensiunan Brigadir Jenderal TNI, ia dikenal luas berkat kemampuannya dalam membangun teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti pompa hidram yang sangat membantu dalam mengatasi krisis air. Ide dan gagasannya ini kini dipakai oleh institusi TNI dalam programnya TNI Manunggal Air.



Berkat dedikasi dan kepeduliannya terhadap masyarakat, Simon bahkan menerima penghargaan MURI. Rupanya penyampaian Simon saat tampil di podium, disimak dengan baik oleh seorang mantan akademisi asal Undana, Primus Lake. Budayawan yang juga Peneliti senior ini, kepada wartawan di halaman kantor KPU tak mampu menyembunyikan rasa kagumnya. "Pak Simon tampil luar biasa. Beliau tadi sangat bagus. Saya tidak menyangka kalau beliau akan sebagus itu,"tegasnya.


Menambahkan "Sempurna. Pak Simon unggul karena dia pertegas posisinya sebagai eksekutor. Sebenarnya kepemimpinan kita sering lemah di sisi ini. Kaya ide dan gagasan, lemah di eksekusi. Pak Simon mampu dan dia berani nyatakan itu di forum resmi KPU makanya saya salut beliau,”. 



Berikutnya dari sisi etika politik, Simon Kamlasi punya attitude yang bisa diandalkan. Dia tidak merendahkan dua figur lainnya tapi justru mengangkat mereka. Menanggapi pernyataan Simon, seorang jurnalis senior yang pikiran-pikirannya bernas, Pius Rengka, memberikan komentar yang mencerminkan situasi politik di NTT.



Menurut Pius, ucapan Simon Petrus Kamlasi dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat. Simon mampu memilih diksi sederhana tetapi sangat konkrit.



"Ucapan Simon Kamlasi (di KPU NTT) mengena dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat karena pilihan diksi yang dipakai sederhana tetapi konkrit. Problem political leadership di NTT kan memang di situ, di eksekusi. Era globalisasi dan modernisasi politik sekarang, dicari pemimpin dengan kualitas strong leadership atau kepemimpinan politik yang kuat yang ditandai dengan eksekusi ucapan menjadi agenda setting lalu ke tindakan konkrit. Itulah pentingnya strong leadership itu." Kata Pius Rengka.



Latar belakang yang kuat dan visi yang jelas, Simon dan paket SIAGA berusaha untuk menunjukkan bahwa mereka bukan hanya sekedar berbicara, tetapi juga siap untuk merealisasikan semua gagasan yang ada demi kemajuan NTT. Kini, semua mata tertuju pada mereka, menunggu langkah-langkah selanjutnya dalam kampanye yang penuh tantangan ini. Untuk diketahui, KPU NTT menggelar pleno penarikan nomor urut. Tiga pasangan calon gubernur yang mendaftar adalah Ansy Lema-Jane Natalia Suryanto yang mendapatkan nomor urut 1, Melki Laka Lena-Jonhi Asadoma yang memperoleh nomor urut 2, dan Simon Petrus Kamlasi yang mendapat nomor 3. 



Pengambilan nomor urut ini ikut disaksikan oleh seluruh pimpinan partai pendukung, tim pemenangan serta ratusan warga. (**).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot