Rayakan HUT RI Ke-79 dan HUT Kota Soe Ke-102, Pemda TTS Gelar Festival Budaya


Berita-Cendana.Com - TTS,- Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 dan HUT Kota Soe ke-102, Pemerintah Daerah Timor Tengah Selatan, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Budaya Daerah dan Festival Tunas Bahasa Ibu, dengan jumlah peserta 323.


Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia, Okran K. R. Betty, S.Hut. saat persiapan penutupan kegiatan Festival Budaya pada Sabtu, (31/08/2024). 


Ketua Panitia dalam laporannya menyatakan bahwa peserta yang terlibat dalam kegiatan Festival Budaya Daerah berjumlah 323 peserta, yang diikuti dari PAUD atau TK, SD, SMP, SMA atau SMK dan Sanggar Seni Budaya masyarakat  di Kabupaten TTS. Dengan jenis kegiatan seperti, cerita rakyat dalam bahasa daerah, fashion show, tarian bonet, tarian maekat, tarian sbo bano, lomba stand up komedi  (komedi tunggal), lomba pidato menggunakan bahasa daerah, lomba menulis dan membacakan cerpen menggunakan bahasa daerah, dan lomba menulis dan membaca Puisi menggunakan bahasa daerah,” ucap Ketua Panitia. 



Lanjut Okran bahwa untuk memajukan kebudayaan nasional, diperlukan langkah strategis berupa upaya pemajuan kebudayaan melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan, sehingga untuk mewujudkan masyarakat yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan maka hal ini merupakan suatu tindakan manusia yang dilakukan terus menerus dan diwariskan secara turun temurun.


Menurut Okran, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan mewariskan bahasa daerah serta seni dan budaya daerah TTS kepada generasi muda kearah pengembangan kreativitas serta melestarikan nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang dalam tatanan kehidupan masyarakat dan menjadi media komunikasi dan informasi yang efektif. 


Dalam kesempatan tersebut Penjabat Bupati TTS, Drs. Seperius E. Sipa, M.Si. mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia perayaan HUT RI dan HUT Kota Soe yang telah bekerja maksimal mengadakan aneka kegiatan guna memeriahkan HUT RI dan HUT Kota Soe tahun ini.


“Rangkaian kegiatan memeriahkan HUT RI dan HUT Kota Soe sudah berjalan dengan baik hingga hari ini kita tutup festival budaya daerah. Semua rangkaian kegiatan ini merupakan ucapan syukur kita karena sampai hari ini kita masih menikmati kemerdekaan. Puncak HUT Kota Soe akan kita ditandai dengan upacara bendera pada Senin 2 September 2024,” ujar Pj. Bupati TTS.


Dalam acara penutupan kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati TTS, Ketua Bahasa Ibu Provinsi NTT, Kepala Dinas P&K, Kepala Sekolah Se-TTS, Siswa - Siswi yang mengikuti kegiatan dan Masyarakat TTS. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot