Kunjungan Kerja ke Rote Ndao, Pj. Gubernur NTT Tatap Muka Bersama Para Camat, Lurah/Kades dan Kepsek

Berita-Cendana.Com- Kupang,- Pj. Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Rote Ndao sekaligus menggelar tatap muka bersama yang dihadiri oleh Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,.  MH., unsur Forkopimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Drs. Jonas M. Selly, MM, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Rote Ndao, para Camat, Lurah / Kepala Desa, Kepala Sekolah se-Kabupaten Rote Ndao, serta Tenaga Kesehatan. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Rote Ndao  pada Jumat, (28/09/24) Siang.



Sebelumnya Pj. Gubernur NTT yang bertolak dari pelabuhan Kupang menggunakan kapal cepat Cantika Bahari tiba di Pelabuhan Pantai Baru, Rote Ndao sekitar pukul 11.40. Setibanya di Rote Ndao, Ia pun langsung disambut oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, S.H, M.H, dengan pengalungan kain adat Rote Ndao serta dipakaikan Ti’i Langga (Topi adat Rote Ndao).


Penjabat Gubernur NTT, Andriko Susanto dalam arahannya menjelaskan beberapa point penting isu-isu strategis nasional yang menjadi tugas bersama untuk dilaksanakan dan diselesaikan mulai dari pengamanan penyelenggaraan proses pilkada, penanganan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem.


"Tugas pertama dari Penjabat Kepala Daerah di wilayahnya masing-masing yaitu memfasilitasi dan mengamankan jalannya proses Pilkada dengan baik, lancar, tertib dan aman. Boleh berkompetisi, tetapi harus dengan damai tidak boleh ada kekacauan, pertikaian dan pastikan semua berjalan dengan baik. Ini yang saya pesankan kepada Penjabat Bupati, para Camat, Lurah dan Kepala Desa, tetap jaga netralitas ASN di wilayah kerjanya," ujar Andriko.


Selanjutnya ia menjelaskan bahwa di wilayah NTT masih tergolong tinggi terkait stunting, kemiskinan dan kemiskinan ekstrem sehingga menjadi perhatian semua pihak juga dalam menyelesaikannya.


"Pendidikan perempuan masih rendah, rasio tenaga kesehatan juga belum merata, penyediaan air bersih juga belum merata sehingga ini adalah point-point yang harus kita urai dan dengan tugas masing-masing harus kita dijalankan dan selesaikan bersama," uangkap Pj. Gubernur NTT.


"Kemarin pak Wakil Presiden telah memberikan insentif fiskal untuk penghapusan kemiskinan ekstrem salah satunya kepada NTT. Gunakan dan manfaatkan sebagai kekuatan yang bisa kita sinergikan," kata Andriko Susanto.


Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa Gerakan Kemanusiaan Penanganan Stunting dan kemiskinan ekstrem yang digagas oleh Pemerintah Provinsi NTT, dalam pelaksanaannya sangat dibutuhkan kerja kolaborasi dari semua stakeholder, semua pihak mulai dari tingkatan paling bawah agar penanganan persoalan strategis ini bisa ditangani hingga tuntas.


"Pertama itu pihak swasta, dimana yang bisa menggerakkan itu adalah para pemimpin wilayah dengan melihat para pihak swasta untuk diajak ikut serta membantu mendukung penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem dengan berbagai cara. Selanjutnya pemerintah dan seluruh unsur Forkopimda yang memiliki sumber daya ikut memberdayakan potensi yang ada di wilayah masing-masing dengan fokus utama menghapuskan kemiskinan ekstrem dan stunting,” jelas Pj. Gubernur Andriko.


"Berikutnya para komunitas atau asosiasi-asosiasi, Kadin. Semua itu kita bisa ikutkan dalam gerakan ini dengan membagi _by name by address_ dimana masing-masing dari kita bertugas dan memiliki tanggung jawab sebagai orang tua asuh para anak dengan resiko stunting untuk kita atasi bersama. Juga Pendidikan harus kita perhatikan, selalu dialokasikan dan diberikan bantuan sehingga kualitas pendidikan benar-benar kita ditingkatkan,” papar Andriko.


Pj. Gubernur Andriko Susanto menerangkan bahwa pemanfaatan berbagai media untuk pemberitaan dan penyebarluasan informasi diharapkan dapat menyuarakan bahwa NTT sedang bergerak membuat Gerakan Kemanusiaan Penangganan Stunting dan kemiskinan ekstrem. Menurutnya, semangat kerja kolaborasi harus disuarakan sehingga penurunan angka stunting dan penghapusan Kemiskinan ekstrim dapat tuntas teratasi.


"Kemudian bantuan-bantuan dari pemerintah juga diharapkan bisa dialokasikan ke bidang lain yang membutuhkan seperti pengembangan pariwisata juga pendidikan tetapi semua itu diharapkan harus fokus efektif dan efisien sehingga tepat sasaran," harap Beliau.


Penjabat bupati Rote Ndao Odermaks Sombu, pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas kunjungan kerja Pj. Gubernur NTT dan juga melaporkan berbagai program/kegiatan telah dilakukan untuk mencegah dan mengatasi berbagai persoalan di kabupaten Rote Ndao.


“Selamat datang untuk Bapak Pj. Gubernur NTT di Bumi Nusa Lontar, Rote Ndao. Sebuah kehormatan bagi kami atas waktu dan kesempatan Bapak Pj. Gubernur atas kunjungannya ke Kabupaten Rote Ndao,” Ucap Pj. Bupati Sombu.


"Beberapa capaian pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Rote Ndao selama beberapa waktu terakhir, diantaranya Pemerintah Kabupaten Rote Ndao berhasil menorehkan berbagai prestasi di bidang kesehatan seperti meraih penghargaan _Universal Health Coverage (UHC) Wward_ tahun 2024 dari Wakil Presiden RI. Selanjutnya Pemkab Rote Ndao juga mendapat penghargaan 100% rekam medis elektronik (RME) Puskesmas Terintegrasi Satu Sehat tahun 2024 dari Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, Pemkab Rote Ndao juga menorehkan capaian positif dalam pencegahan dan penanganan stunting dengan meraih peringkat 1 pelaksanaan 8 aksi kovergensi stunting tahun 2024 dari pemerintah provinsi NTT," jelas Pj. Bupati Rote Ndao.


“Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, Pemkab Rote Ndao juga berhasil meraih penghargaan pada tiga kategori dalam Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024 yakni kategori transformasi pembelajaran, transformasi pengelolaan pendidikan dan transformasi anggaran pendidikan,” sebutnya. 


Ia pun tetap mengharapkan kerjasama yang baik antara semua pihak untuk menciptakan perubahan yang positif di Rote Ndao.


"Kami pihak kabupaten juga terus mengharapkan kolaborasi kerja, dukungan dan sinergitas dari Pemprov NTT dan seluruh pihak  dalam upaya-upaya pengawasan dan evaluasi terhadap program-program bantuan agar tepat sasaran dan memberikan manfaat yang maksimal kepada seluruh masyarakat.” Ucapnya.


Kegiatan pun dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT berupa :

1. Kuota Bansos Beras Kemiskinan Ekstrem Kab. Rote Ndao sebanyak 377 KK masing-masing 20 kg per KK dengan total beras 7,54 ton.

2. Bantuan Penanganan Stunting untuk 3.733 KK. Bantuan stunting diberikan secara periodik setiap 3 bulan dengan rincian masing-masing per KK menerima 3 ayam beku dan 30 butir telur ayam.

3. Bantuan benih dan sarana produksi  berupa : Bantuan irigasi perpompaan  sebanyak 7 unit, Bantuan irigasi perpipaan  sebanyak 12 unit, Bantuan pompa air refocusing sebanyak 22 unit, Bantuan pompa air ABT  sebanyak 308 unit, Bantuan benih padi PAT seluas 245 Ha. Bantuan benih padi Biofortivikasi seluas 350 Ha, Bantuan benih jagung komposit seluas 100 Ha, Bantuan benih Hortikultura seluas 4,5 Ha, Bantuan Handsprayer, Bantuan combine harvester, Bantuan traktor roda dua, Bantuan traktor roda empat

4. Bantuan Pendidikan yang bersumber dari DAK dan DAU Spesifik Grant T.A. 2024 bagi SMA/SMK se-Kabupaten Rote Ndao berjumlah Rp. 7.030.817.000,- dengan rincian sbb :

a. SMAN 1 Pantai Baru dengan Pagu Dana : Rp. 2.295.227.000 (DAK Fisik T.A. 2024)

b. SMA Kristen Siloam Ba’a dengan Pagu Dana : Rp.2.073.994.000,- (DAK Fisik T.A. 2024) 

c. SMAN 1 Lobalain dengan Pagu Dana : Rp. 2.109.096.000,- (DAK Fisik T.A. 2024) 

d. SMKN Pantai Baru, SMAN 1 Rote Tengah, SMAN 1 Rote Timur dengan Pagu Dana : Rp. 552.500.000,- (Peralatan Praktek dan Buku yang bersumber dari DAU Spesifik Grant). (*).


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot