CIS Timor Beri Pelatihan Kepada TSBD Guna Memaksimalkan Potensi Desa Dalam Mitigasi Bencana


Berita-Cendana.Com - Boking,- Circle Of Imagine Society (CIS) Timor Desa Meusin beri pelatihan kepada Pelayanan Kemanusiaan Inklusi kepada Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) guna memaksimalkan potensi desa dalam melakukan mitigasi akan bencana.


Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh CIS Timor berlangsung selama dua hari, terhitung tanggal 24-25 September 2024, bertempat di Halaman Gereja GMIT Maranatha Aiboni, Desa Meusin, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Projek Official CIS Timor Dance Fallo dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut sebagai upaya untuk  meminimalisir korban jiwa dan harta benda. Kegiatan ini penting untuk memastikan semua pihak menjadi siap siaga menghadapi bencana.


Dalam situasi bencana, pertolongan sering terlambat maka dalam situasi bencana pertolongan paling cepat  yang paling mungkin didapat adalah komunitas itu sendiri, oleh Karena itu memastikan komunitas dengan ancaman bencana yang tinggi benar-benar paham dan siap hadapi ancaman yang ada di komunitasnya," ungkap Dance.


Lanjutnya, menyiapkan relawan penggerak di komunitas sangat penting untuk dilakukan dengan melibatkan kelompok potensial di desa seperti TSBD dan orang muda. Kelompok potensial ini perlu dikuatkan kapasitasnya dan diharapkan akan menjadi penggerak dalam komunitasnya serta ikut membantu komunitas di desa sekitarnya dalam membangun ketangguhan desa terhadap ancaman  bencana.


Dance menerangkan bahwa para pemateri dalam kegiatan tersebut adalah relawan TSBD yang telah mengikuti pelatihan oleh Relawan CIS Timor Provinsi NTT, sehingga dapat menyusun dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB). Melalui kegiatan pelatihan ini, dokumen RPB yang sudah dirancang akan dipraktekkan melalui simulasi kebencanaan yang melibatkan semua pihak.


Kepala Desa Meusin dalam hal ini Kaur Kesejahteraan Masyarakat Yanti Silla, S.Pd menyampaikan bahwa relawan TSBD yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan diri sehingga kedepan mereka dapat menjadi aktor utama penanggulangan bencana tingkat desa.


Lanjut, Yanti juga berharap pelatihan tersebut dapat menjadi pembelajaran sosial agar relawan TSBD cakap, tanggap, dan cekatan dalam melakukan agenda pengurangan risiko bencana di tingkat desa masing-masing. 


Fasilitator yang diundang dalam kegiatan tersebut yakni fasilitator TSBD tingkat Desa Meusin, dengan materi Konsep Dasar Bencana, yang disampaikan oleh Yesaya Loinenak S.Pd, materi kedua Kesetaraan Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial (GEDSI) disampaikan oleh Ishak Tahei, Ketiga tentang aksi Antisipasi (Aksi, Cepat, Tepat). Kegiatan diakhiri dengan Evaluasi bersama fasilitator relawan CIS Timor Ignas Laumakiling.


Diketahui para Relawan TSBD yang mengikuti pelatihan berasal dari Desa Boking, Desa Baus, Desa Meusin, Desa Fatu Manufui, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan. (BCC/Jho Kase).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot