Peningkatan Pendidikan dan Pelatihan SDM, Kesenian Tradisional di Kota Kupang- Tahun 2024


Berita-Cendana.Com - Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang gelar kegiatan Peningkatan Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berfokus pada Kesenian Tradisional. 


Demikian pantauan media ini saat pembukaan kegiatan Diklat oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH.,M.Si di Aula Lantai 2 Hotel Pelangi Kota Kupang pada Selasa, 9/7/2024.


Mewakili Pj. Walikota Kupang Yanuar Dally dalam sambutannya menyampaikan bahwa Diklat yang dilakukan adalah upaya sadar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang untuk terus merawat, menggunakan dan menghidupkan kesenian tradisional daerah NTT tercinta.


Lanjutnya, tujuan dari Diklat tersebut juga untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khusus dalam kesenian tradisional. Kebudayaan nasional didukung oleh kebudayaan daerah oleh karena itu perlu untuk mengenal kebudayaan daerah dengan lebih baik.


“Kegiatan hari ini esensinya untuk kita memelihara dan melestarikan kebudayaan kita yang akan berdampak dalam menunjang kebudayaan nasional. Kita perlu untuk mengenal kebudayaan agar jangan diambil atau di klaim oleh orang lain. Kalau kita tidak melestarikan maka bisa saja di ambil orang. Jangan sampai orang luar sana mengetahui lebih jelas tentang kebudayaan kita dan kita tidak punya pengetahuan yang baik maka bisa di klaim”.


Yanuar berharap dengan adanya Diklat tersebut memberi Kesadaran untuk setiap orang melestarikan kebudayaan masing-masing. Ia juga meminta agar peserta Diklat dapat mengikuti Diklat dengan baik serta menyerap ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh pemateri. 


Pemateri yang diundang dalam kegiatan tersebut yakni Carolus Buifiman Jama dan Margaretha Djkaho selaku Akademisi Universitas Nusa Cendana serta Praktisi seni tari Erana Poela Kalla. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot