Hasil Survei SMRC, Elektabilitas SPK Meningkat dari 2.1 Jadi 22. 7 Persen


Berita-Cendana.Com- Kupang,-  Hasil Survei dari lembaga SAIFUL MUJANI Research dan Consulting (SMRC), Lembaga Survei Kredibel yang terkenal kesahihannya dalam melakukan survei. Elektabilitas Simon Petrus Kamlasi (SPK) yang dipasangkan dengan Adrianus Garu dengan nama paket  (SIAGA) itu meningkat, dari angka 2.1 menjadi 22.7 persen terhitung dua bulan terakhir.


Demikian hasil rilis yang diperoleh media ini pada Kamis, 25/7/2024, siang. Lembaga SMRC melakukan survei pada bulan Juli menunjukkan bahwa SPK meningkatkan pada dua bulan terakhir.


Diketahui bahwa pada bulan Mei hasil survei dari Charta Politika Indonesia ketika melakukan survei pada periode Mei menunjukan SPK berada pada posisi paling bawah, SPK berada pada nomor urut ke 14 dari 18 Tokoh Politik NTT, yakni “Nomor satu ditempati Melki Laka Lena disusul Benny Harman, Ansi Lema, Viktor Bungtilu Laiskodat, Emy Nomleni, Anita Gah, Jefri Riwu Kore dan seterusnya.  Simon Kamlasi berada di nomor urut 14 dari 18 tokoh yang populer. Begitu pula elektabilitas lima nama, Simon Petrus Kamlasi berada di urutan 4 atau dua dari terakhir dengan raihan presentasi hanya 2,1. Dengan jarak persentase yang sangat jauh dengan ketiga rival di atasnya, yakni masing-masing 20-30an persen. Bahkan sampai simulasi tiga paket pertama, nama Simon Kamlasi tidak ada disana. Namanya baru muncul di simulasi kedua, dengan persentase yang juga tipis, yakni 3,3 persen dibanding dua seterusnya, Melki dan Ansi yang berada di puncak dengan capaian 30-an persen. Deretan angka ini diperoleh dua bulan lalu. Berbeda jauh sekali di dua bulan kemudian, yakni dari Mei ke Juli. Jika Charta Politika melakukan survei di Mei dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani di bulan Juli, dan data yang diperoleh media ini malam tadi, mengungkap data-data yang di luar dugaan,”.


Oleh karena itu hasil survei pada Juli menunjukkan bahwa SPK berada di Posisi kedua sesudah Melki Laka Lena dengan persentase 22,7. Jauh meninggalkan Yohanis Fransiskus Lema jika dipasangkan dengan Refafi Gah yang hanya 19,1.  Dalam simulasi ini, Melki dipasangkan dengan Jane Natalia.


Sementara dalam simulasi berikutnya, ketika Melki Laka Lena dipasangkan dengan Gabriel Beri Bina dan Yohanis Fransiskus Lema dipasangkan dengan Refafi Gah pun, paket SIAGA berada pada posisi dua dengan raihan 22,6 persen. Diluar dugaan SPK bisa naik secara signifikan, dipastikan berpeluang akan meningkat terus menerus hingga 27 November bisa menjadi pemenang dalam Pilgub NTT Periode 2024-2029. (*).










 

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot