Dinas PUPR Kota Kupang Berinovasi, Layanan Berbasis Digital


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang PUPR Kota berinovasi dengan pelayanan berbasis digital untuk melayani masyarakat Kota Kupang. Pelayanan tersebut berupa website  dengan nama website “www.si pupr.kupangkota.go.id.” Melalui website itu masyarakat lebih mudah mengakses seluruh informasi program yang ada  Dinas PUPR Kota Kupang.

Demikian disampaikan oleh Plt Kadis PUPR  Kota Kupang,  Maxi Dethan, ST. M.Si pekan lalu di ruang kerjanya pada media ini bahwa Dinas PUPR Kota Kupang sedang berinovasi untuk pelayanan kepada masyarakat lebih mudah diakses informasi.

Menurutnya, bahwa dalam pembuatan website itu, selain mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Disisi lain juga melakukan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkup Kota Kupang khususnya di Dinas yang ia pimpinan saat ini. Tujuan dari itu juga untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan kinerja Administrator, beber Plt. Kadis PUPR Kota Kupang itu.

"Tujuan dibuatnya aplikasi website  ini sebagai suatu langka perubahan dalam  memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi program pada bidang-bidang yang ada di Dinas PUPR Kota Kupang yakni Bidang Sumber Daya Air, Bidang Bina Marga, Bidang Cipta Karya, Bidang Tata Ruang dan Bidang Bina Konstruksi termasuk UPTD PJU," katanya.


Lanjutnya, saat ini ASN di NTT dituntut untuk menciptakan suatu inovasi yang berbasis pelayanan publik yang efektif dan efisien, kata Maxi Dethan. "Kompetensi kepemimpinan kinerja administrator merupakan kompetensi manajerial untuk menjamin terwujudnya akuntabilitas jabatan administrator, karena PKA merupakan salah satu bentuk pengembangan kompetensi jabatan, tegas Plt Kadis itu.


Plt. Kadis PUPR Kota Kupang sebagai salah satu peserta PKA angkatan XIII tahun 2024,  melalui karyanya yang berjudul  “Optimalisasi Penyampaian Informasi Program/Kegiatan Dinas Ke Publik Melalui Pembuatan Sistem Informasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (SI-PUPR) Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Kupang” merasa sangat perlu untuk membuat suatu terobosan yang mengikuti  perkembangan  saat ini yang serba modern   dan muda dalam  sistem pelayanan publik berbasis digital. Website  SI-PUPR telah dipresentasikan pada 23 Mei 2024 lalu dihadapan Tiga orang penguji yakni, Daud Amarato, S. Pt, M. Si, (Coach) Fredrik C.P. Koenunu, ST, MH (Penguji) serta Ignasius Repelita Lega, SH (Mentor).(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot