UPG 45 NTT Lepaskan 447 Mahasiswa KKN di Aula El Tari


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Universitas Persatuan Guru (UPG) 1945 melepaskan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) berjumlah 447 peserta. Demikian pantauan media pada Sabtu, (1/6/2024) di Aula El Tari Kota Kupang.


Pembukaan kegiatan KKN oleh Rektor UPG 45 David R.E Selan, SE,. MM. bahwa kalian adalah orang-orang yang luar biasa karena terpilih dari 600 orang lebih yang masuk pada 2021. Ini adalah panggilan jiwa, raga untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yang ketiga yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. 


Mahasiswa dituntut untuk memiliki jiwa semangat korsa, moralitas dan beretika untuk berkolaborasi dengan lingkungan dan Bapak Ibu Dosen. Oleh karena itu mahasiswa diarahkan untuk mengkolaborasi antara teori dan praktek, mahasiswa memiliki keterampilan dalam bidang ilmu yang diperoleh tentunya mampu menerapkan di tengah-tengah masyarakat di kemudian hari, jelas Rektor UPG 45 itu.


Menurut  David R. E. Selan, bahwa dalam mengenang hari lahir Pancasila semoga semua insan diberkahi dengan semangat terutama yang hadir dalam kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata periode Juni-Juli 2024.


Tri dharma Perguruan Tinggi (PT) yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Mahasiswa yang memenuhi syarat mengikuti pembekalan Kukerta berada pada dharma ke tiga yakni pengabdian kepada masyarakat.


Pada pengabdian masyarakat mahasiswa dituntut memiliki semangat dengan menjaga moralitas, etika, sopan santun serta berkorelasi dengan lingkungan dimana melaksanakan Kukerta. 


Mahasiswa diperhadapkan dengan tantangan pada kolaborasi antara teori dan praktek pada zaman ini. Mahasiswa yang ikut pembekalan bukan sembarang mahasiswa namun mahasiswa yang sudah dinyatakan layak ikut KKN karena sudah lulus sejumlah SKS sehingga layak ikut KKN.


Dekan dan Wakil Dekan, Bapak, Ibu Dosen terintegrasi dalam menjawab persoalan hari ini yakni sebagaimana ada sejumlah persoalan dalam kampus UPG yakni bagaimana menyiapkan fasilitas pendukung dalam menunjang Tri Dharma PT. 


“Fasilitas secara kasat mata mungkin sepele tapi sejarah membuktikan bahwa senior-senior, mahasiswa pendahulu dari adik-adik mahasiswa hari ini telah meletakan dasar tersebut lewat gedung, pagar dan jalan hingga hari ini kita menikmati dengan sukacita,”.


Lima belas  tahun lalu mahasiswa kesana kemari mencari tempat kuliah bahkan kadang di bawah pohon namun hari ini UPG memiliki tanah dan gedung sehingga bisa menikmati kuliah dengan baik dan aman.


“Kita harus bergandengan tangan bekerja sama untuk mewujudkan kerja nyata kita. Saya harapkan bagaimana semangat patriotisme, semangat persatuan untuk mengembangkan UPG yang dicintai menjadi lembaga bermartabat dalam dunia pendidikan dan bersaing global. Di dalam tata kelola yang baik saya mengajak semua untuk mari kita satukan semangat menghargai semua tatanan yang telah kita sepakati bersama dalam AD/ART melalui statuta Perguruan Tinggi. Mari kita sukseskan Kuliah Kerja Nyata menuju masa depan UPG lebih baik,”.


Pembukan diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana KKN 2024. Dalam Laporannya menyampaikan bahwa 

KKN dilaksanakan merujuk pada Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Pendidikan Tinggi, Undang Undang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Statuta UPG 1945 dan Kalender Akademik.


Mahasiswa yang mengikuti KKN adalah mahasiswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti KKN periode Juni-Juli 2024. Lokasi KKN di Kampus UPG 45 NTT.


Hadir dalam Pembekalan dan Pelepasan KKN Periode Juni-Juli 2024 Sekretaris BPH PB PGRI, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan,  Kepala Biro, Kabag Tata Usaha, Ketua Program Studi, Dosen, Pegawai, Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Panitia pelaksana KKN 2024. (***).



0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot