Aznil Tan: Capres yang Tidak Bisa Membuka Lapangan Pekerjaan 26 juta, Berarti Capres Sampah


Berita-Cendana.Com- Jakarta,- Debat kelima Calon Presiden (Capres) yang akan dihelat hari Minggu 4 Februari 2024 akan mengangkat tema: "Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi".


Direktur Eksekutif Migrant Watch Aznil Tan menyampaikan  debat kelima ini sebagai puncak masyarakat untuk menilai visi-misi masing-masing capres menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan.


"Debat kelima ini, salah-satunya membahas tentang ketenagakerjaan. Ini saatnya rakyat menilai visi-misi para capres menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan. Jika capres  tidak memiliki solusi membuka lapangan pekerjaan 26 juta berarti capres sampah," ujarnya kepada media, Jakarta (4/02/2024).


Menurut dia, persoalan ketenagakerjaan tidak tersedia menampung kebutuhan lapangan pekerjaan setiap tahun 3,6 juta dan menuntaskan angka pengangguran 8 juta orang.


"Setiap tahun dibutuhkan lapangan pekerjaan baru sebanyak 3,6 juta dan ditambah angka pengangguran 8 juta. Berarti capres ke depan harus mampu menyediakan lapangan pekerjaan 26 juta. Ini harus tuntas untuk membentuk masyarakat produktif dan bonus demografi tidak menjadi musibah. Pemimpin kedepan harus berkonsep Indonesia Zero Pengangguran," jelas Aznil Tan.


Menurut dia, target pembukaan lapangan pekerjaan para capres di dalam dokumen visi-misi tidak konkret.


"Dalam dokumen visi-misi Capres, 01 targetnya 15 juta dan 03 targetnya 17 juta selama 5 tahun. Lucunya, 02 tidak ada target. 01 dan 03 akan menambah angka pengangguran. Yang lebih ngeri, 03 tidak jelas," papar Aznil Tan.


Lebih lanjut, Aktivis 98 ini juga mengatakan, persoalan ketenagakerjaan juga pada kesejahteraan pekerja yang kurang terlindungi.


"Selain minimnya lapangan pekerjaan dalam negeri, juga persoalan upah buruh dan jaminan sosial tidak komprehensif pada pekerja. Indonesia kedepan jangan dijadikan sebagai pekerja berupah murah. Publik harus tahu juga bagaimana cara capres tersebut melindungi hak pekerja menjadi sejahtera," imbuhnya.


Sebagai informasi, Aznil Tan akan menjadi narasumber pada acara  Ngobrol Bareng Debat Capres yang diselenggarakan oleh Trust Indonesia dan Institut STIAMI. Hadir juga para narasumber Azhari Ardinal (Dir. Eksekutif Trust Indonesia), Ki Saur Panjaitan (Sekjen Perguruan Taman Siswa) dan Dedy Kusna Utama (Direktur Institut STIAMI).


Acara ini akan diselenggarakan di kampus STIAMI, Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kampus pada pukul 18.00 - 22.30 WIB, 4 Februari 2024. Acara ini akan disiarkan live di YouTube.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot