Pemilik Sertifikat Hak Milik Dilaporkan ke POLDA NTT Tanpa Alasan


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Pemilik Sertipikat Hak Milik atas nama Petrus Malelak dipanggil ke POLDA NTT pada 12 September 2023  untuk mengklarifikasi laporan Yohanes M. Messakh terhadap dirinya dengan tuduhan memasuki Pekarangan orang tanpa izin.


Demikian disampaikan oleh Petrus Malelak pada Kamis, (23/11/2023). Setelah selesai pemeriksaan dan sampai saat ini Petrus Malelak selalu mempertanyakan alasannya apa  sehingga dirinya dilaporkan ke POLDA NTT.


Petrus Malelak mengatakan bahwa dirinya mempunyai Sertifikat Hak Milik atas tanah yang dibeli secara sah dari keluarga Mba'u dan tidak pernah masuk atau beraktivitas di tanah milik orang lain selain tanah yang dibelinya, kenapa dituduh memasuki pekarangan milik Yohanes M. Messakh.


“Jika Yohanes M. Messakh  memiliki Sertifikat Hak Milik di atas tanah Sertifikat milik saya mari kita menghadap ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk Pembuktian dan Klarifikasi atau silahkan Gugat ke Pengadilan secara Perdata bukan melaporkan saya tanpa alat bukti serta alasan yang tidak jelas,”.

 

Tambahnya, Yohanes M. Messakh ini sebenarnya siapa'?, Apakah dia pemilik tanah yang dibeli atau dia juga punya Sertifikat Hak Milik'?,tanya Petrus Malelak.


Sertifikat Hak Milik (SHM) merupakan sertifikat atas kepemilikan penuh hak suatu lahan dan/atau tanah yang dimiliki oleh pemegang sertipikat tersebut. Sertipikat tersebut membuat pemilik tanah akan terbebas dari masalah legalitas atau sengketa karena pihak lain tidak bisa campur tangan atas kepemilikan tanah atau lahan tersebut.


Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) Nomor 5 Tahun 1960 Pasal 20 menjelaskan, "Hak Milik Atas Tanah adalah hak turun-temurun, terkuat dan terpenuh yang dapat dimiliki orang atas tanah". 

Maka dari itu SHM merupakan bukti kepemilikan tertinggi atau terkuat atas suatu tanah yang berlaku untuk selamanya dan dapat diwariskan.


Sertifikat dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) sehingga Sertifikat Hak Milik merupakan Akta Otentik mengenai hak atas tanah.


Sampai dengan berita ini ditayangkan Yohanes M. Messakh sebagai pelapor belum memberikan tanggapan. (MT).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot