Pemdes Baus Buka Jalan Usaha Tani


Berita-Cendana.Com - Boking,- Pemerintah Desa Baus buka jalan usaha tani sepanjang 1 KM untuk memperlancar akses transportasi serta pemasaran hasil panen petani. Demikian disampaikan oleh Kades  Baus, Yufri B. Tamonob kepada tim media di ruang kerjanya pada Rabu, (22/11/2023). 


Pembukaan jalan baru dan jalan usaha tani di wilayah RT/RW, 06/01, Desa Baus, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Kepala Desa Baus, Yufri Tamonob mengungkapkan bahwa pekerjaan jalan usaha tani yang sedang dikerjakan hampir selesai, anggaran Dana Desa tahun 2023 sebagian diprioritaskan untuk membangun jalan usaha tani sebagai upaya mendorong percepatan peningkatan ekonomi mikro maupun makro warga tani.


Pembangunan jalan usaha tani untuk memperlancar akses menuju sentra-sentra produksi pertanian, kini para petani tidak lagi kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian.


Lanjutnya bahwa sebelumnya para petani memikul sendiri hasil pertaniannya dari kebun karena tidak ada jalan yang bisa dilalui  namun kini mereka sudah bisa menggunakan kendaraan roda dua bahkan roda empat karena sudah ada akses jalan.


Ketua TPK menyampaikan bahwa terkait pekerjaan jalan tani baru tersebut semua terlaksana secara profesional dan mengedepankan asas transparansi.


Menurutnya, meski banyak kendala dikarenakan faktor iklim dan topografi wilayah Baus yang berada tepat di pinggir laut Boking dengan kondisi tanah curam yang cenderung tidak stabil dan menjadi kendala tersendiri dalam proses pembangunan tersebut, namun pekerjaan dapat dijalankan secara baik, berkat kerja sama semua pihak.


Salah satu tokoh masyarakat Baus menyampaikan rasa gembira atas dibangunnya jalan baru tersebut.

Menurutnya bahwa dengan adanya infrastruktur jalan, masyarakat tidak kesulitan mengangkut hasil pertanian dan jarak yang ditempuh menjadi singkat.


"Kami berharap hasil panen semakin lancar dengan sepeda motor maupun mobil dengan jalan yang tentunya akan ditingkatkan lagi kualitasnya di kemudian hari. Dana Desa sangat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih kepada pemerintah Desa Baus yang telah menyediakan infrastruktur jalan,". (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot