Prodi Matematika UNIMOR Gelar Kuliah Umum


Berita-Cendana.Com- Kefa,-  Program Studi ( Prodi ) Pendidikan Matematika Universitas Timor Kefamenanu gelar Kuliah Umum dengan tema "Edupreneur Berbasis Lokal" pada Jumat, (13/10/2023).


Kuliah Umum digelar di Gedung Student Center UNIMOR dengan narasumber tunggal Kristianto Sendi, S.Psi alias Dicky selaku Co-Founder lakoat kujawas.


Ketua panitia Dominifridur Bone, M.Psi salah satu dosen Prodi Pendidikan Matematika dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum tersebut dilatarbelakangi oleh 3 (tiga) hal penting.


Pertama, program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yakni menanamkan spirit entrepreneur ( jiwa kewirausahaan ) kepada generasi muda Indonesia dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.


Kedua, Prodi pendidikan Matematika FKIP Unimor merupakan salah satu dapur pendidikan yang menggodok insan-insan yang akan bergelut dalam dunia pendidikan dimasa depan.


Ketiga, Indonesia harus mempunyai generasi masa depan yang berwawasan global dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.


Lanjutnya spirit entrepreneur harus berpijak pada konteks kehidupan konkrit, yang berangkat dari lokalitas manusia.


Dicky Senda selaku narasumber dalam kuliah umum tersebut mengatakan bahwa dirinya senang dengan tema yang diangkat yakni kearifan lokal ini diangkat. Menurutnya hal tersebut sebagai pertanda yang baik untuk membangun bangsa dan negara.


Sosok Dicky yang sudah sering mengeksplorasi kearifan lokal melalui riset-risetnya menjelaskan bahwa semua yang dilakukannya bersama komunitas Lakoat Kujawas adalah bentuk sumbangsih dan kontribusinya dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia khususnya di daratan Timor.


Menurut penggagas komunitas Lakoat kujawas tersebut bahwa, orang muda harus bisa membangun kampung halamannya sendiri dengan pemikiran-pemikiran dan kreatifitasnya, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Pulang kampung untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Pulang kampung untuk membangun. Zaman sekarang terbatas peluang kerja. Maka lebih baik ciptakan lapangan pekerjaan sendiri.


"Mahasiswa itu pemikir. Setelah lulus studi segera pulang kampung karena orang-orang kita membutuhkan pemikir seperti anda semua".


Hadir dalam seminar pembukaan Kuliah Umum tersebut yakni petinggi FKIP Unimor, Oktovianus Mamo, M.Pd ( Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) sekaligus membuka kegiatan Kuliah umum, Cecilia Novianti  Salsinha, M.sc (Kordinator Prodi Pendidikan Matematika), para dosen Prodi Pendidikan Matematika, sejumlah alumni Prodi Pendidikan Matematika, dan lebih dari 500 Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unimor. (BCC/ Arnoh Tamonob).(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot