Pemdes Meusin Boking Buka Jalan Baru


Berita-Cendana.Com- Boking-, Lancar akses transportasi masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas esensial maupun non esensial, Pemerinta Desa Meusin Kecamatan Boking Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi NTT membuka jalan baru Nunbena menuju Tua Meta. Demikian disampaikan kepada media Sabtu, (26/08/2023).


Kepala Desa Meusin Paulus Silla, S.Pt menyampaikan bahwa diantara aspek esensial itu diantaranya untuk memudahkan pemasaran produk petani di Tua Meta. Selain itu sebagai penunjang mobilitas keperluan masyarakat menuju ke Tua Meta.


"Pembukaan jalan baru sepanjang 1.300 meter dengan lebar 4 meter tersebut  menghubungkan antar kampung Tua Meta dan Numbena,  pembangunan jalan tersebut merupakan hibah tanah dari masyarakat, mereka dengan ikhlas menyerahkan pengelolaannya kepada pemerintah Desa untuk pembukaan jalan baru,” ungkap Kepala Desa Meusin.


Lanjutnya dengan tujuan pembangunan jalan baru tersebut, bahwa jalan itu di bangun untuk memperlancar akses produksi pertanian dan mobilitas sehingga diharapkan para masyarakat Tua Meta dan Numbena tidak lagi kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian serta memudahkan konektifitas warga.


“Sebelumnya jalan ini hanya jalan setapak yang bisa dilalui oleh masyarakat berjalan kaki, Nunbena dan Tua Meta  karena masyarakat Nunbena yang awalnya tinggal di Tua Meta (Kampung Tua) dan para masyarakat Nunbena memikul hasil panen dari kebun karena semua kebun ada di Tua Meta yang tidak ada akses jalan yang bisa dilalui kendaraan,” imbuhnya.


Tambah Kades, terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan baru, pemerintah Desa Meusin telah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, pemilik lahan dan juga masyarakat desa dan berharap pembangunan dapat membantu masyarakat dan mendapat dukungan warga,” tutupnya.


Terlepas dari itu Markus Tahey salah seorang masyarakat Tua Meta yang sekaligus RT Faut Lopo menyampaikan rasa gembira atas di bangunnya jalan baru. Ia juga sangat mengapresiasi Pemdes Meusin karena dengan adanya infrastruktur jalan, pengangkutan dan pemasaran hasil panen semakin lancar dengan sepeda motor.


“Saya sebagai RT Faut Lopo sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa Meusin, karena sangat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Tua Meta," pungkas Tahey.


Tambah Tahey bahwa pembukaan jalan tersebut sangat dirasakan langsung oleh masyarakat Desa Meusin, dan pasti akan memudahkan mereka sebagai petani dalam membawa atau mengangkut hasil produksi pertaniannya. Logikanya, kalau jalan Tani sudah baik maka hasil kebun akan cepat keluar untuk dijual, kata Tahey. (BCC/JHO).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot