Mahasiswa KKN-PPM UNWIRA Laksanakan Sosialisasi di SMAS Setiawan Nangaroro

Berita-Cendana.Com- Nagekeo, - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik- Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat  (KKNT-PPM) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang melaksanakan Sosialisasi di SMAS Setiawan Nangaroro Senin, (31/07/2023).

Mahasiswa KKNT-PPM  yang  melaksanakan sosialisasi berjumlah 15 orang dengan program studi yang berbeda  yang tinggal di kelurahan Nangaroro, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam sambutan kepala sekolah SMAS Setiawan Nangaroro, Rafael Hase, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang baik bagi para mahasiswa yang melaksanakan sosialisasi di SMAS Setiawan Nangaroro.

“Saya selaku kepala sekolah di SMAS Setiawan mengucapkan terima kasih karena para mahasiswa dari UNWIRA bisa datang ke sekolah kami dan dapat berbagi ilmu kepada para siswa-siswi di sini, sesuai dengan program studi masing-masing,“ jelas Rafael.

Dalam kegiatan sosialisasi ada 5 jenis kegiatan  yang disajikan sesuai dengan program studi dari masing-masing mahasiswa.  Kegiatan tersebut antara lain,  pertama Sosialisasi perkenalan Perfect-Sentence Technique melalui Hellotalk Application dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris.  Kedua, sosialisasi terkait perlindungan terhadap korban Cyber Bullying dari program studi Ilmu Hukum . Ketiga, Sosialisasi pengenalan Jurnalistik dalam peningkatan literasi Jurnalistik melalui pelatihan penulisan berita dari program studi Ilmu Komunikasi. Keempat, Memperkenalkan serta melatih ansambel musik pada siswa/i dari program studi Pendidikan Musik. Kelima, sosialisasi Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ( LKTD) berupa cara berpidato dan cara memimpin rapat dilanjutkan dengan simulasi, dari program studi Ilmu Pemerintah.

Kegiatan ini melibatkan para  siswa/i SMAS Setiawan Nangaroro, dimana terdapat 109 Siswa/i yang mengikuti sosialisasi ini, diantaranya untuk sosialisasi tentang perkenalan Perfect-Sentence Technique melalui Hellotalk Application dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, diikuti oleh kelas XII IPA dengan jumlah siswa 17 orang. Materi tentang sosialisasi terkait perlindungan terhadap korban Cyber Bullying dari program studi Ilmu Hukum, diikuti oleh kelas XII IPS 2 dengan jumlah siswa 29 orang.  Materi sosialisasi tentang pengenalan Jurnalistik dalam peningkatan literasi Jurnalistik melalui pelatihan penulisan berita dari program studi Ilmu Komunikasi, diikuti oleh kelas XI IPA dengan jumlah peserta 20 orang. Materi tentang  Memperkenalkan serta melatih ansambel musik pada siswa/i dari program studi Pendidikan Musik, diikuti oleh kelas X IPA dengan jumlah peserta 16 orang. Materi sosialisasi tentang sosialisasi Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ( LKTD) berupa cara berpidato dan cara memimpin rapat dilanjutkan dengan simulasi, dari program studi Ilmu Pemerintah, diikuti oleh kelas XI IPS 1 dengan jumlah peserta 27 orang.

Sementara itu, para siswa yang mengikuti sosialisasi ini sangat senang dan bersemangat, karena bisa mendapatkan pengetahuan yang baru. Ayen salah satu siswa yang mengikuti sosialisasi tersebut mengaku sangat berantusias mengikuti sosialisasi tersebut, “Saya sangat senang karena bisa dapat pengetahuan dan hal baru dari berbagai materi yang diberikan dalam sosialisasi, karena ini dapat meningkatkan literasi  dan pemahaman saya yang  mewakili teman-teman mengenai hal-hal baru yang tidak kami dapatkan dari materi pelajaran di kelas, materi yang kami terima dapat bermanfaat bagi kehidupan kami di sekolah maupun masyarakat lingkungan tempat tinggal kami masing-masing’” ungkap Ayen.

Selain itu juga, Kepala Sekolah juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat mempererat hubungan kerja sama yang baik antara SMAS Setiawan Nangaroro dan kampus UNWIRA Kupang kedepannya.

“Dilaksanakannya Sosialisasi ini, mahasiswa dapat berbagi ilmu dengan para siswa/i di SMAS Setiawan Nangaroro sehingga para siswa dapat memahami apa yang disampaikan  demi menambah wawasan atau pengetahuan siswa, dan saya selaku kepala sekolah akan selalu menerima baik mahasiswa UNWIRA yang akan melakukan penelitian mengenai pendidikan di Sekolah kami ini,” tutup Rafael.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot