Stenly Putra NTT Jadi Top Enam Duta Kebudayaan Indonesia 2023


Berita-Cendana.Com - Bali,-  Stenly Imanuel Umbu Tego, putra asli daerah Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi top enam Duta Kebudayaan Indonesia 2023 di Denpasar Bali. 


Pemuda usia 15 tahun menggelari Regional Daerah sebagai "Duta Pemuda Kebudayaan Nusa Tenggara Timur" kemudian diikutsertakan untuk kegiatan pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia di Denpasar Bali. 


Kegiatan Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia Generasi Kedua oleh Yayasan Arunika Cipta Abadi mengusung tema "Rempah dan Komoditi Sebagai Warisan Nusantara". Tema tersebutlah yang membangkitkan semangat  Stenly untuk memperkenalkan Rempah dan Komoditi NTT yang sangat unik.


Nur Muhammad Firmansyah selaku Direktur Nasional Duta Kebudayaan Indonesia menyampaikan bahwa Stenly Imanuel merupakan finalis termuda dan memiliki potensi yang sangat tinggi di usia yang sangat dini. Menurut Muhammad Firmansyah keaktifan Stenly untuk berorganisasi membuat dirinya memiliki inisiatif untuk mengembangkan bakatnya dalam kebudayaan dan mendaftar sebagai calon Duta Kebudayaan Indonesia 2023 Perwakilan NTT.


Lanjutnya, bahwa finalis yang mendaftar sebanyak 387 orang dari berbagai Provinsi namun banyak yang tereliminasi hingga tinggal 14 finalis yang bertahan dimana ada enam putra dan delapan putri.


Sistem penilaian yang dilakukan dilihat dari berbagai aspek yakni pertama keaktifan dari finalis yang terpilih baik dari kesehariannya di pra karantina hingga karantina. Aspek kedua yakni ilmu pengetahuan yang menjadi modal dasar finalis untuk melakukan tugasnya sebagai Duta Kebudayaan Indonesia.


Perjuangan yang tidak sia-sia, Stenly Imanuel remaja 15 tahun asal Sumba Timur menyabet tiga Gelar sekaligus di ajang Duta Kebudayaan Indonesia 2023.

Pertama, Top satu  Intelegensia Duta Pemuda Kebudayaan Indonesia 2023 dengan mendapatkan trophy dan sertifikat penghargaan.

Kedua. Top dua Sport Competition Duta Kebudayaan Indonesia 2023 dengan mendapatkan sertifikat penghargaan saat Special Night. 

Ketiga. Wakil dua Duta Pemuda Kebudayaan Indonesia 2023 dengan mendapatkan trophy penghargaan, Eco Fashion Designer By Hasabi dan uang pembinaan selama dua tahun berjumlah Rp. 350.000.000.00 serta sertifikat penghargaan.


Selama mengikuti kompetisi Duta Kebudayaan Indonesia Stenly Imanuel di fasilitasi dengan donasi dari masyarakat Sumba Timur dan mendapatkan sponsor dari fotographer @AG studio Photo Praiwora. 


Stenly Imanuel Umbu Tego kembali ke Sumba Timur NTT (12/07) melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali Ke Bandara Udara Tambolaka disambut oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur, Sponsor Saminrus Ndatang, Ricky Kore, Adi Leo, Andre Ninggeding, Dokter Krisniawati, Tim Ranting Taekwondo Sumba Timur. Stenly kemudian dibawa berjumpa dengan 

Wakil Bupati Sumba Timur dan keluarga di rumah jabatan Wakil Bupati. 


Dari tiga gelar yang diraih, Stenly menyampaikan bahwa dirinya akan terus  semangat dan berani menyuarakan hak anak bahwasannya pada kegiatan ajang daerah/nasional/internasional tidak dipandang dari umur tetapi sebagaimana kemampuan berpikir dengan tujuan yang dapat dicapai. 


Menurut Stenly, kesempurnaan tidak dapat dinilai dari ras, etnik, dan fisik tetapi bagaimana seseorang dapat menerima kekurangan dan kelebihannya, serta sadar dengan potensi dirinya.


Stenly Imanuel Umbu Tego meminta dengan hormat kepada Dekranasda NTT serta dinas-dinas terkait untuk mendukung dirinya membawakan rempah-rempah NTT di tingkat Internasional serta memperkenalkan kebudayaan di Indonesia di kancah Internasional bersama Yayasan Arunika Cipta Abadi. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot