Kelompok Tani Gapoktan, Berawal dengan Rp. 1.000 Berkembang Jadi Koperasi


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Acara Syukuran dan perpisahan kelompok Saung Tani Gapoktan bersama PPL Kelurahan Sikumana Bapak Yosep Lasa, SP. Salah satu pengurus kelompok tani kepada tim media bahwa mereka memulai dengan Rp. 1.000 dan berkembang menjadi Koperasi atas kerja cerdas dan pendamping penyuluh yang tuntas.


Demikian disampaikan oleh salah satu pengurus kelompok tani Oelon bawah Bapak Titus Takene di sela-sela kegiatan perpisahan PPL dan kelompok tani pada Kamis, (04/05/2023), sore bertepatan di Persawahan Oelon Kota Kupang.



"Atas dasar itu kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Yosep Lasa karena atas kebaikannya bisa mendampingi dan mengarahkan kelompok tani Oelon menjadi kelompok yang menuju sejahtera secara ekonomi, mulai dari 1000, naik jadi 2.000, 5.000 hingga sekarang menjadi 10.000," jelas pengurus kelompok tani Oelon bawah.



Menurut Titus Takene bahwa sebelumnya mereka tidak mengetahui tentang apa itu Koperasi tetapi dengan bantuan penyuluh Pertanian Yosep Lasa mendampingi mereka dan mulai mengumpulkan Rp 1.000 per bulan setiap jiwa, tak lama kemudian naik menjadi Rp. 2.000 per bulan dan berkembang menjadi Rp. 5.000, sampai saat ini sudah menjadi Rp. 10. 000 per orang, kegiatan pengumpulan sana itu sejak tahun 2018 hingga tahun 2023 ini sudah memiliki tanah 300 meter persegi dan memiliki gedung Koperasi sendiri, jelasnya.


Selain itu, Ketua Gapoktan Boas Lesik mengatakan bahwa menuju sejahtera Sikumana dalam sambutannya bahwa kelompok tani tersebut terbentuk sejak tahun 2012 terdiri dari 6 Kelompok tani yang  tergabung dalam 1 kelompok besar dengan anggota 70 orang. Namun berkembang sekarang anggota mencapai 17 Kelompok Tani dewasa dan 3 kelompok wanita Tani dan terdapat 1 Koperasi Tani, jelasnya.


Lanjutnya, latar belakang acara ini murni inisiatif dari petani yang telah disepakati bersama melalui rapat bersama di kantor kompresi pada 21 Februari 2023, tegas Ketua Gapoktan itu.


Pada momen yang sama Lurah Sikumana dalam sambutan nya mengatakan bahwa dunia dihadapkan dengan virus Covid-19 namun sangat yakin bahwa petani tetap bekerja untuk membantu masyarakat Kota Kupang dengan kerja kerasnya,  dirinya juga  berterima kasih kepada PPL dan petani atas kerja keras untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kota Kupang, jelas Lurah Sikumana.


Selain itu juga Kepala Dinas Pertanian Kota Kupang melalui Kepala Bidang penyuluhan, ia mengucapkan terima kasih kepada Pak Yosef Lasa, SP karena dirinya telah bekerja selama 11 tahun bersama kelompok tani Gapoktan Menuju Sejahtera. Dirinya juga mengungkapkan terima kasih kepada petani yang sudah membuat kegiatan yang bermakna ini, dan juga terima kasih kepada Pak Yosef Lasa, atas purna buktinya.


Sepata kata dari Yosep Lasa, SP, "kita bisa karena kasih dan Kemurahan Tuhan,".


Lanjut Yosep bahwa penyuluh itu membawa visi misi Dinas untuk demi kesejahteraan masyarakat Tani. Prinsipnya penyuluh dan petani adalah mitra jadi tetap kerja sama. Jangan sekali-kali memandang siapa orangnya, tapi kita bekerja sama untuk mendampingi petani.


Menurutnya, sudah 11 tahun mendampingi petani Oelon, dirinya berprinsip bahwa apa yang dibicarakan itu yang harus dilaksanakan dan selalu mendampingi. Prinsip nya bahwa bulan pertama dirinya menyampaikan belum dilaksanakan, bulan berikut selalu bicarakan terus menerus sampai dilaksanakannya, jelasnya.


Lanjutnya bahwa dirinya merasa beban dengan para petani, karena mereka berbuat baik dengan dirinya. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan semua orang yang telah mendukung nya, beber Yosep Lasa.


Pantaun tim media, kegiatan perpisahan tersebut dihiasi dengan memajangkan hasil Tani, seperti pisang, sayur-sayuran seperti buah kol, bunga pepaya, kangkung, buah kelapa dan padi buah pepaya dan jagung.


Hadir pada saat itu pengurus dan kelompok wanita Tani dan kelompok Tani Gapoktan Menuju Sejahtera Sikumana, Lurah Sikumana, Kabid Pertanian Kota Kupang serta anggota dan pengurus koperasi itu. (*).



0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot