Waspada, Diperkirakan Siklon Tropis 98S Masuk Wilayah NTT


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Badan siklon Tropis diperkirakan masuk wilayah NTT  24 jam kedepan dalam kategori rendah. Hal ini disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Kupang melalui Siaran Pers Potensi Cuaca Ekstrem yang diterbitkan pada tanggal 6 April 2023. 


Berdasarkan hasil analisis BMKG, terpantau adanya bibit siklon Tropis 98S di Laut Arafuru. Potensi untuk tumbuh menjadi siklon Tropis  dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.


Dalam Siaran Pers,  dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis 98S  terhadap cuaca di NTT, diperkirakan adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan dan peningkatan kecepatan angin. Kondisi ini yang diperkirakan akan berlangsung mulai tanggal 08 April 2023 sampai dengan 11 April 2023.


Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada akan adanya potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di NTT. Wilayah-wilayah yang berpotensi cuaca ekstrim antara lain: Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Ende, Nagekeo, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.


Lanjutnya, masyarakat harus waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya.


Sementara khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang.

masyarakat  juga dihimbau untuk senantiasa memantau perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG melalui Stasiun Meteorologi El Tari Kupang dengan layanan  informasi cuaca 24 jam 7 hari di (0380) 881613; WhatsApp: 0811-3940-4264 atau dapat langsung mengakses Aplikasi iOS dan Android,“info BMKG.


Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kanla) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi NTT, Ambrosius Kodo, S.Sos melalui kanal Youtube kembali menegaskan peringatan yang dirilis BMKG Kupang. Ia menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal seperti memangkas pohon atau dahan yang sudah tua dan lapuk terutama di sekitar rumah dan tempat tinggal.

Selain itu, masyarakat  diajak untuk memperbaiki atau memperkuat atap rumah serta menggeser perahu ke tempat aman dan tidak melaut untuk sementara waktu.


Senada dengan isi Siaran Pers BMKG, ia mengajak masyarakat untuk selalu mengikuti informasi cuaca dari BMKG. Selain sumber di atas, masyarakat dimohon untuk tidak meresponnya dan apalagi menyebarluaskan informasi yang bukan berasal dari sumber valid.


Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam objek dengan jarak pandang 30 meter tidak jelas terlihat maka masyarakat  yang tinggal di lereng-lereng di sekitar sungai segera melakukan evakuasi ke titik aman.


Masyarakat diminta untuk melaporkan kejadian bencana ke BPBD terdekat atau ke pusat pengendalian dan operasi penampungan bencana BPBD Provinsi NTT dengan call center 0811 384477. (*)

 


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot