SWK Kodim 1621/TTS Gelar Latihan Krida NAVRAT


Berita-Cendana.Com- TTS,- Satuan Saka Wira Kartika Kodim 1621/TTS melaksanakan latihan rutin dengan materi Krida Navigasi Darat, yang diisi oleh Serma Yopiter A. Tefi bersama dua rekan Praka Samsul Mardani dan Ahmad Jumadi selaku Instruktur, dengan peserta siswa-siswi Pramuka SMA/SMK/MA Kabupaten Timor Tengah Selatan bertempat di lapangan hitam Makodim 1621/TTS Sabtu, (04/02/2023). 


Serma Tefi  mengatakan, Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, ujarnya.


Lanjut Farid, Krida Navigasi Darat (Navrat) terdiri atas empat syarat kecakapan khusus (SKK) yaitu SKK pengetahuan peta dan medan, SKK kompas siang dan malam, SKK pengetahuan resection dan Intersection, dan SKK pengetahuan global position system (GPS). Empat syarat kecakapan khusus (SKK) ini wajib dikuasai oleh Krida Navigasi Darat, sehingga perlu diadakan latihan rutin secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.


Untuk menempa dan mengasah kemampuan para anggota supaya dapat diterapkan di lapangan sewaktu-waktu dibutuhkan, pungkasnya.


Praka Ahmad Jumadi salah satu Pembina mengatakan, untuk menyiapkan para pelajar yang memiliki semangat juang yang tinggi dan tangguh, Kodim 1621/TTS turut bertanggung jawab dengan melalui Satuan Saka Wira Kartika agar para pelajar mempunyai pemikiran dan tingkah laku yang positif, tuturnya.


Salah satu peserta siswa Pramuka Marcelino Nesimnasi  menyampaikan,”kegiatan Pramuka yang sangat erat dengan kegiatan di alam bebas, jadi pengetahuan peserta mengenai pengenalan penguasaan medan pun selayaknya dimiliki, seperti yang saat ini kita pelajari, setidaknya mampu menjadi solusi saat menghadapi kendala di lapangan pada aplikasi kegiatan sesungguhnya,”jelasnya (Sumber Pendim 1621/TTS).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot