SMA R.A. Kartini Umatoos Lakukan PMO Bersama Ketua Komite


Berita-Cendana.com-Malaka,- Sekolah Menengah Atas (SMA) Rajen Ajen (RA) Kartini Umatoos laksanakan kegiatan pokja manajemen operasional (PMO) dilaksanakan bersama fasilitator sekolah penggerak Kabupaten Malaka, Desa Nanas, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu (04/03/2023).


Pantauaan Berita Cendana.com bahwa kegiatan PMO tersebut dihadiri oleh fasilitator Sekolah Penggerak Kabupaten TTU dan Malaka, Bapak Immanuel Kamlasi, M.Pd, Ketua Komite SMA R.A Kartini yang sekaligus Kepala Desa Umatoos, bapak Sergius F. Klau dan fasilitator DAK Kabupaten Malaka, serta seluruh Guru SMA R.A Kartini Umatoos.


Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengevaluasi, merefleksi dan mendiskusikan serta mengawal kegiatan sekolah penggerak terutama dalam hal pembelajaran berbasis proyek.


Ketua Komite SMA R.A Kartini yang sekaligus Kades Umatoos, Sergius F. Klau memberikan apresiasi kepada  kepala sekolah bersama  para guru terhadap kegiatan sekolah penggerak berbasis proyek yang sudah terlaksana.


"Saya sebagai ketua komite bangga setelah SMA R.A. Kartini Umatoos  terpilih menjadi sekolah penggerak, banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, dan sangat membantu sekali siswa-siswa di sekolah ini, karena satu-satunya SMA di Kabupaten Malaka yang lolos dalam sekolah penggerak," ucap ketua komite yang berlatar belakang kepala desa itu.

 

Hal senada disampaikan Kepala SMA R.A Kartini Umatoos Herman S. Bria, S.Pd menyampaikan terimakasih atas kedatangan fasilitator sekolah penggerak, untuk merefleksi, mendiskusikan, capaian target yang dihadapi di satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka.


"PMO ini adalah program sekolah penggerak yang dilaksanakan secara luring, selama ini kami laksanakan secara daring tetapi itu kunjungan sekolah bukan PMO," katanya.


Lanjutnya, PMO diterapkan di sekolah penggerak karena program ini berskala nasional dan melibatkan banyak lini, unit dan sasaran yang jumlahnya ribuan. Sehingga mengelola sasaran ribuan yang terstruktur terprogram, terlihat dari progres dan diketahui kendalanya, disitulah PMO hadir," terang kepsek Herman Bria.


Tambah Kepsek, dengan mengucapkan "terimakasih karena saat kami menyampaikan hal terkait dengan kurang fasilitas langsung ditanggapi, dan akan kita bicarakan pada hari ini bersama fasilitator sekolah penggerak," ucapnya.


Terlepas dari itu fasilitator sekolah penggerak Kabupaten TTU dan Malaka, Bapak Immanuel Kamlasi M.Pd, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Komite dan kepala Sekolah yang sudah berkolaborasi untuk mendukung dan membantu SMA R.A. Kartini Umatoos dalam kegiatan-kegiatan sekolah dari tingkat daerah hingga tingkat nasional.


"Terimakasih kepada ketua komite yang sudah berkolaborasi dengan kepala sekolah membawa sekolah ini ke permukaan tingkat nasional, kami hanya memfasilitasi dan mencatat hambatan yang dihadapi di sekolah dan akan disampaikan. Keputusannya itu di tingkat daerah hingga tingkat nasional, sehingga ceritakan saja setiap kendala/hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini," tutur fasilitator sekolah penggerak Kabupaten TTU dan Malaka, Immanuel Kamlasi yang berlatar belakang magister pendidikan itu.


Dalam pelaksanaannya, PMO akan dilakukan secara berlevel dan berjenjang, mulai dari paling bawah tingkat sekolah, daerah, UPT hingga level pusat. (Yohanis Kase).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot