Sidang Klasis ke-5 di Gereja GMIT Kupang Barat


Berita-Cendana.Com - Kupang,- Gereja GMIT Klasis Kupang Barat laksanakan Sidang Klasis ke 5,  tahun 2023 dengan tema "Mengusulkan Mereka Yang Layak Diusulkan,". Demikian berlangsungnya Sidang Klasis di Gedung kebaktian Jemaat GMIT Masa Meriba Tuamese pada hari Jumat, (24/03/2023).


Sidang diawali dengan Ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Jehezkiel Pinat, M.Th Ketua Majelis Klasis Fatuleu Timur. Dalam khotbahnya, Pdt Jezphy sapaan akrabnya menyampaikan bahwa pengusulan nama-nama yang ditetapkan dalam persidangan adalah yang terbaik sehingga lebih bijak untuk mengetahui latar belakang para bakal calon. Baginya, kerjasama tim dalam kemajelisan di Sinode GMIT sangatlah penting seperti yang menjadi persyaratan dalam memilih pengganti Yudas. 


Para pemimpin di GMIT akan berganti karena periodisasi sesuai tata gereja, sehingga dapat dipilih lagi pemimpin yang taat dan takut akan Tuhan, juga wajib menjadikan Alkitab sebagai penuntun dan memiliki moral, etika dan kerendahan hati yang baik dalam berelasi dengan sesama.


Menutup khotbahnya, Magister Teologi ini pun tidak lupa memberikan apresiasi bagi GMIT Klasis Kupang Barat sebagai klasis pertama di Sinode GMIT yang bersidang untuk mengusulkan nama-nama bakal calon majelis sinode GMIT periode 2024-2027 yang akan berlangsung di Kabupaten Sabu Raijua, tepatnya di GMIT Klasis Sabu Timur pada September 2023 mendatang dengan mengedepankan proses pengusulan sesuai tata cara kemajelisan dalam bergereja yaitu tata gereja.


Ketua Majelis Klasis Kupang Barat Pdt. Doddy Octavianus, S.Th, dalam suara gembalanya, menyampaikan bahwa Persidangan Klasis Kupang Barat V dilaksanakan dengan agenda khusus untuk membahas dan menetapkan peserta persidangan sinode di Sabu, tanggungan anggaran untuk persidangan sinode dan usulan bakal calon Majelis Sinode GMIT periode pelayanan 2024-2027. Dimana seluruh proses penjaringan dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Majelis (Panmil) Klasis Kupang Barat periode 2024-2027 yang diketuai oleh Pdt. Yudixon Longgo, S.Th.


Penetapan dalam persidangan dijalani setelah melalui proses pengusulan nama-nama bakal calon dari 43 jemaat di Klasis Kupang Barat. Panmil pun wajib bekerja untuk menyerap aspirasi jemaat mengikuti Peraturan Pemilihan (Permil) yang sudah ditetapkan pada sidang Majelis Sinode sebelumnya. Salah satu Ketua Majelis Klasis di Sinode GMIT yang dikenal ramah senyum, humble dengan siapa saja dan dekat dengan anak muda ini pun menyampaikan bahwa kerja yang baik dan sesuai dengan aturan tentunya akan memperoleh hasil yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan. 


Ditambahkannya juga,  bahwa khusus Jemaat di Klasis Kupang Barat sudah semakin dewasa dalam menghindari “Politik Identitas”. Para bakal Calon yang diusulkan adalah mereka yang benar-benar sudah diperhatikan 

Kualitas, kapabilitas dan rekam jejak pelayanannya, bukan karena satu suku, satu territory pelayanan, satu almamater, satu keluarga termasuk kampanye hitam dan money politik, pungkasnya.


Berikut ini hasil Persidangan Klasis Kupang Barat ke-5 tahun 2023: Peserta dan peninjau persidangan Sinode tahun 2023 di Sabu: Pdt. Isak Y. Liunome, S.Th, Pdt. Nining S.B Holbala-Lonakoni, S.Th, Pdt. Akriana Y. Kalle-Tallo Manafe, S.Th, Pnt. Yavid Soru, S.Pd, SE, Dkn. Putra Tefu dan Pgjr. Hendro Hayon, S.Pd, M.Hum. 


Usulan bakal calon Majelis Sinode GMIT periode pelayanan 2024-2027 yaitu

Ketua merangkap anggota: Pdt. Joseph Anderias Manobe, S.Th dan Pdt. Yaksih A. Nuban Timo, S.Th, M.Si


Wakil Ketua merangkap anggota:

Pdt. Petrus Tameno, M.Th dan Pdt. Norman M. Nenohai, M.Si.


Peserta yang hadir yakni Pendeta, Penatua, Diaken dan Pengajar.



Sekretaris merangkap anggota: 

Pdt. Lay Abdi Karya Wenyi, M.Si dan Yunus Kaytulang, M.Th


Wakil Sekretaris merangkap anggota:

Jehezkiel Pinat, M.Th dan Pdt. Zimrat S. M. Karmany, M.Th


Bendahara merangkap anggota:

Pnt. Lambertus Mbuik dan Pnt. Ita Babys-Djunina


Anggota bidang politik:

Pnt. Ir. Emelia J. Nomleni dan Pnt. Habel Mbate, SH


Anggota bidang pendidikan:

Pnt. Dr. Rodialek Pollo dan Pnt. Dr. Ayub Meko


Anggota bidang hukum:

Pnt. Liven Rafael, SH, M.Hum dan Pnt. Dr. Jonneri Bukit, SH, MH, M.Kn


Anggota bidang ekonomi:

Pnt. Dr. Rolland Fanggidae, S.Si.Teol, MM dan Dkn. Ivan R. Rondo, S.Sos.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot