Dukung Ketahanan Pangan, Lakukan PKTD dengan Tanam Kacang Hijau


Berita-Cendana.Com - Amfoang Timur,- Dukung ketahanan pangan Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur lakukan PKTD (Padat Karya Tunai Desa) tahun 2022 dengan menanam kacang hijau dengan luas lahan 1 Ha. Demikian rilis diterima media ini pada hari Kamis, (30/03/2023).


PKTD bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan dan mengatasi sunting.  Sumber anggaran dari dana desa tahun 2022. Kegiatan PKTD  diawali dengan membuat pagar dan pembersihan lahan dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat sebagai amanah UU Desa.


Yustinus Hoba Lejap selaku pendamping desa mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai terobosan dengan mengkonsentrasikan kegiatan PKTD pada satu titik lokasi, sehingga mudah di kontrol oleh pemerintah desa maupun TPK desa.

Kepala desa dan masyarakat sangat kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan lahan yang tertidur selama ini dan memanfaatkan potensi yang ada di Desa.


Kepala Desa Netemnanu Utara Apriyanto K.Obe, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan PTKD tersebut difokuskan pada satu lokasi agar dapat menuai hasil yang sangat maksimal. Belajar dari pengalaman sebelumnya yang tidak dikonsentrasikan pada satu lahan sehingga hasilnya kurang maksimal. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu dari misi saya sebagai kepala desa yaitu Teknologi Tepat Guna di bidang pertanian dengan memanfaatkan potensi pertanian yang ada di desa".


Kebun PKTD tersebut juga, menurut kepala desa akan menjadi kebun contoh bagi masyarakat, sehingga tidak terkesan bahwa kepala Desa dan perangkat desa cuman menghimbau kepada masyarakat tapi tidak memberikan contoh kepada masyarakat.


"Oleh karena itu setelah aktivitas di kantor saya mengajak perangkat desa, pendamping desa, TPK, Pamtas RI- RDTL bahkan masyarakat melakukan monitoring kegiatan PKTD kebun kacang hijau dan sekaligus melakukan penyemprotan dan pembersihan lahan,".


Mewakili TPK Desa Orias Nobel menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang sudah menunjuk dirinya dan tim sebagai Tim Pelaksana Kegiatan Desa dan mendapat kepercayaan penuh dari Kepala Desa agar dapat membantu program Kepala Desa dalam program pemberdayaan masyarakat Desa.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot