Dukungan Program Merdeka Belajar, Rektor UKAW Kunjung Ke SMA Kristen Petra Kefa

 


Berita-Cendana.Com - TTU,- Dukung program merdeka belajar Rektor Universitas Kristen Artha Wacana Kupang bersama rombongan kunjungan ke SMA Kristen Petra Kefamenanu dan beri pelatihan bagi guru dan murid.


Demikian kunjungan Rektor UKAW Kupang, Dr. Ir. Ayub U. I. Meko, M.Si bersama rombongan di SMA Kristen Petra yang berlangsung dari 23 -25/02/2023.


Kepada media Rektor UKAW menjelaskan bahwa kehadiran dirinya dan rombongan di SMAK Petra untuk memberikan pelatihan bagi calon kepala sekolah yang akan ditempatkan di sekolah dibawah Yayasan Pendidikan Kristen. Tak hanya itu tetapi juga ada pelatihan peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan dari siswa dan guru terkait dengan pasca panen hasil perikanan khususnya ikan lele dan juga penanganan pasca panen untuk ubi ungu dan jenis-jenis tanaman obat-obatan seperti lengkuas, jahe dan kunyit serta budidaya. jelas Rektor.


"Kehadiran kami juga bertepatan dengan panen perdana ikan lele dan juga ubi ungu sehingga kami harus melatih siswa dan guru untuk pengembangan usaha. Lewat kegiatan ini, sebenarnya siswa tidak saja belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan memiliki pemahaman terkait sumber daya pengembangan ilmu, tetapi juga didorong untuk memiliki jiwa kewirausahaan,".


Kepala Sekolah SMA Kristen Petra, Yosmath Tahana, M.Si menjelaskan bahwa kerja sama antara SMA Kristen Petra dan pihak UKAW Kupang bermula dari penerapan kurikulum merdeka belajar, dimana tidak hanya teori tetapi bagaimana menolong siswa untuk memahami teori sekaligus mengaplikasikan teori dari kehidupan nyata.


"Atas program merdeka belajar kami didukung oleh bapak Rektor UKAW dan juga bersama rombongan yang mendampingi untuk pengolahan pasca panen sehingga hasil panen bisa ditingkatkan nilai ekonomisnya. Pihak UKAW membantu kami menghasilkan produk-produk yang siap untuk dijual ke pasar-pasar dan kini kami sudah jual ke pasar tradisional yang ada di TTU bahkan kami sudah berencana untuk jual produk kami sampai ke luar TTU,".


Kegiatan ini berlangsung dari 23 -25 Februari 2023 dan diharapkan dapat menular ke sekolah-sekolah lain di TTU. Kepsek berharap SMA Kristen Petra terus didampingi untuk mengembangkan usaha, untuk meningkatkan pendapatan di sekolah agar kedepan dapat memberikan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.


Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua klasis GMIT TTU, Pdt. Andreas Nubatonis, S.Th mengatakan pihak GMIT sangat mendukung peningkatan pendidikan yang bermutu sebagai wujud nyata dukungan gereja kemudian mengambil beberapa kebijakan di dalam persidangan yang secara langsung menyentuh pada kebutuhan pendidikan melalui Yayasan.


Ketua Yayasan Jhon Gideon Adoe mengatakan bahwa Pendidikan itu harus ditata secara baik, baik dari pendidikan dasar hingga pendidikan jenjang atas. Yayasan Pendidikan Kristen HITI Kefa, sangat mendorong semua sekolah yang dikelola oleh Yayasan bahwa pendidikan tidak hanya mengisi otak tetapi mampu menghasilkan suatu produk yang baik. 


Dr. Joni Lumba menambahkan pihak UKAW Kupang mendukung penuh setiap program merdeka belajar yang ada pada SMA Kristen Petra.


"Kami dari Universitas sangat mendukung penuh setiap program yang berkaitan dengan merdeka belajar di kampus merdeka, berkaitan dengan pembelajaran yakni belajar bukan hanya menerima ilmu, tetapi belajar itu harus melakukan semua perbuatannya dan hari ini terwujud di SMA Kristen Petra dan ini adalah cikal bakal sekolah unggul dan kami akan mem back up secara total,"pungkas Dekan FKIP UKAW Kupang.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot