Dandim 1621/TTS, Apresiasi Inisiatif Danramil 02/ Amanuban Tengah Budidaya Bambu Hitam




Berita-Cendana.com- Kupang,- Dandim 1621/TTS Letkol Inf. Sobirin S.Ag.,M.Si. mengapresiasi kinerja sekaligus inisiatif Danramil 1621-02/Amanuban Tengah dalam membudidaya bambu hitam yang hampir punah, milik Bapak Nedy Tasoin bertempat di Desa Nobi-nobi,Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten TTS dan milik Bapak Feto Nope bertempat di Kelurahan Niki-niki Kecamatan Amanuban Tenga, Selasa (14/02/23).


"Bambu hitam yang nama latinnya (Gigantochloa atroviolacea) adalah sejenis bambu yang acap dipakai sebagai bahan untuk membuat alat musik, furnitur dan perkakas rumah tangga ini mungkin sudah sangat langkah di wilayah Timur Indonesia,".


Sehingga Danramil 1621-02/Abanteng Kapten Inf. Gunawan B. Haryanto atau Biasa disapa Pak Gun ini mengajak anggota Koramil untuk berinisiatif membudidaya bambu hitam untuk mencegah kepunahan.


Inisiatif ini muncul ketika salah satu anggotanya Serma Apris Mada ingin membuat meja dan kursi menggunakan bambu hitam, setelah dicari sudah sulit dan langkah hanya 2 titik rumpun bambu yang ditemukan dan tidak terlalu rimbun.


"Kami langsung berinisiatif dan berkoordinasi untuk membudidaya dengan beberapa pihak yang tidak ingin disebutkan namanya dan mereka merespon serta mendukung dengan memberikan sedikit pengetahuan mulai dari siapkan Polibek, stek ranting bambu hitam sampai pemasangan waring beserta penyiraman dan saat ini sudah 222 polibek yang terisi, mudah-mudahan semua berjalan lancar sesuai rencana,"pungkas Kapten Gunawan.


Sebagai pimpinan sangat berterima kasih dan merasa bangga atas apa yang dilakukan Pak Gunawan dan Anggota, ini sebagai contoh untuk anggota kodim 1621/TTS yang lain, pungkas Dandim.


"sama-sama kita ketahui bambu hitam ini memang sudah hampir punah padahal kaya akan manfaat seperti meningkatkan volume air, cegah erosi, menyerap karbondioksida, sebagai obat dan bisa juga  sebagai tempat wisata kalau kita menatanya dengan teraturkan bisa membantu perekonomian masyarakat," tutup Dandim," (Sumber Pendim 1621/TTS).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot