Di Hari Pahlawan, TNI Gelar Cek Kesehatan, Penyuluhan Bela Negara Dan Pembagian Sembako Kepada Warga Perbatasan

Berita-Cendana.com- Belu,- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan sebagai wujud kepedulian TNI  terhadap masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif 744/SYB Pos Dafala menggelar kegiatan penyuluhan Bela Negara, Bakti sosial berupa pembagian sembako sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga yang bertempat di halaman Pos Dafala Desa Dafala, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, NTT pada Selasa, (10/11/2020).


Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/11/2020).


Dikatakannya, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dankipur 3 Pos Dafala Lettu (Inf) I Gusti Ngurah Saputra, S.H. dimana ada 3 (tiga) kegiatan yang dilaksanakan dan sasarannya  adalah warga masyarakat yang kurang mampu.


“ketiga kegiatan itu antara lain dimulai dari kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga, pemberian materi penyuluhan bela negara dan terakhir acara pembagian bantuan sembako kepada warga.” Jelasnya.


“Ternyata dari hasil pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar dan dihadiri oleh mayoritas para lansia di Pos Dafala tersebut banyak diketahui kondisi kesehatan mereka yang kurang baik, baik dari yang mengeluh kaki rasa asam, tensi sangat tinggi, pusing-pusing dan lainnya, sehingga personel kesehatan Pos Dafala memberikan obat-obatan disertai vitamin yang diharapkan berguna dan dapat membantu kesembuhan dari segala keluhan kesehatan warga tersebut.” Tambahnya.


Di tempat terpisah, Dankipur 3 Pos Dafala Lettu (Inf) I Gusti Ngurah Saputra, S.H. menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial dan  penyuluhan Bela Negara sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis  yang dilaksanakan oleh personel Pos Dafala merupakan kepedulian Satgas Pamtas kepada masyarakat yang ada di perbatasan.


“meski saat ini masa pandemi Covid-19, kegiatan penyuluhan tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.” tuturnya


“Kita harus selalu waspada dengan selalu budayakan hidup bersih agar kita terhindar dari virus yang meresahkan saat ini yaitu Covid-19. Sehat itu mahal, maka dari itu lebih baik kita mencegah dari pada mengobati, apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19,” tambahnya.


Dansatgas berharap, dengan adanya kegiatan Bakti Sosial dan penyuluhan bela negara serta pemeriksaan kesehatan tersebut akan dapat memotivasi masyarakat khususnya masyarakat perbatasan sehingga lebih memahami dan peduli kepada kesehatan serta mengetahui bagaimana cara pencegahannya apabila merasa sakit. 


“Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk wujud sinergitas untuk lebih mempererat lagi tali silaturahmi dengan segenap komponen di perbatasan RI-RDTL” ungkapnya


Dalam kesempatan tersebut, Bapak Bona Fantura Moruk (65) mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang telah memberikan penyuluhan bela negara, pemeriksaan kesehatan dan pembagian bantuan sembako.


“Kami bangga dengan kehadiran bapak TNI dari Satgas Yonif RK 744/SYB, dengan tulus ikhlas memberikan pengetahuan tentang penyuluhan bela negara dan bantuan sembako serta telah memeriksa kesehatan kami semua.” Ujarnya.


Turut hadir dalam kegiatan pembagian sembako di pos Dafala tersebut antara lain Tim Wasev Mabes TNI Mayor (Caj) Sumadi beserta rombongan, Wadan Satgas Pamtas Ri-RDTL Yonif RK 744/SYB, Dankipur 3 pos Dafala dan Pakum Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB.(*)

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot